Laman

Jumat, 27 Mei 2011

tugas pendahuluan modul II (Keuntungan Polymorphism & hubungan antara teknik overloading dengan Polymorphism)

Polymorphism berasal dari bahasa Yunani yang berarti banyak bentuk. Dalam PBO, konsep ini memungkinkan digunakannya suatu interface yang sama
untuk memerintah objek agar melakukan aksi atau tindakan yang mungkin secara prinsip sama namun secara proses berbeda.

Keuntungan Polymorphism:

  • Kita dapat menggunakan kelas-kelas yang kita buat (sebagai super kelas) dan membuat kelas-kelas baru berdasar super kelas tersebut dengan karakteristik yang lebih khusus dari behaviour umum yang dimiliki superkelas.
  • Kita dapat membuat super kelas yang hanya mendefinisikan behaviour namun tidak memberikan implementasi dari metode-metode yang ada. Hal ini berguna jika kita ingin membuat semacam template kelas,kelas semacam ini disebut kelas abstrak karena behaviournya masih abstrak dan belum diimplementasikan. Subkelas-subkelas dari kelas semacam ini yang disebut kelas konkret,mengimplementasikan behaviuor abstrak tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
  • Menghindari duplikasi object,kita dapat menciptakan class baru dari class yang sudah ada,sehingga tidak perlu menuliskan code dari nol ataupun mengulangnya, namun tetap bisa menambahkan attribute dan atau method unik dari class itu sendiri. Dalam konsep yang lebih umum sering kali polymorphism disebut dalam istilah satu interface banyak aksi.
Hubungan antara teknik overloading dengan Polymorphism :

Hubungan antara overloading dengan Polymorphism adalah mendefinisikan method yang memiliki nama yang sama,tetapi dengan signature atau tanda yang berbeda dalam definisi kelas yang sama. Overloading berbeda dengan overriding yang mendifinisikan kembali method yang sama,baik nama method maupun signature atau parameter yang diperlukan dalam subkelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar